Sinopsis Film 5cm – “Percaya pada ‘5cm’ didepan kening kamu”


·         Produser  : Sunil Soraya
·         Genre       : Drama
·         Pemeran   :
  • Herjunot Ali as Zafran
  • Fedi Nuril as Genta
  •  Raline Shah as Riani
  • Denny Sumargo as Arial
  • Igor Saykoji as Ian
  • Pevita Pearce as Dinda 
·   Sutradara : Rizal Mantovani 

- Sinopsis :

Film yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama “5cm” karya Donny Dhirgantoro ini mengisahkan tentang 5 orang sahabat (Zafran, Genta, Riani, Arial dan Ian) dengan watak dan kebiasaan berbeda-beda. Zafran yang begitu mencintai dunia sastra, Genta seorang pekerja keras dan mempunyai perasaan pada Riani sejak lama, Arial yang paling doyan nge-gym dan belum pernah pacaran, Ian yang merupakan satu-satunya dari berlima yang belum lulus kuliah serta Riani, cewek perhatian dan sangat peduli pada teman-temannya. Mereka sudah sejak lama bersahabat dan selalu menghabiskan weekend bersama. Hingga suatu hari Genta mengusulkan untuk tidak bertemu dan tidak berkomunikasi satu sama lain selama 3 bulan agar mereka tidak merasa bosan satu sama lain. Riani awalnya menolak tapi akhirnya setuju setelah ketiga teman yang lainnya setuju dengan usul tersebut. Mereka sepakat untuk bertemu lagi pada tanggal 14 Agustus. Dan untuk merayakan pertemuan mereka kembali itu, Genta sudah memiliki suatu rencana dimana tempat mereka akan bertemu  tetapi dia baru akan memberitahukan rencananya saat tanggal 7 Agustus nanti.
Semenjak perjanjian tersebut kelima sahabat itu mulai mengejar mimpi-mimpi baru mereka masing-masing. Ian fokus untuk menyelesaikan skripsinya yang belum selesai. Ian adalah satu-satunya dari kelima sahabat tersebut yang belum juga lulus dari kuliahnya. Biarpun ada banyak hal-hal yang menganggu Ian menyelesaikan kuliahnya tapi dia bertekad untuk nggak menyerah. Orangtuanya yang senang dengan hal itu berjanji setelah Ian lulus, mereka akan liburan ke Manchester dan Ian pun juga akan langsung melanjutkan kuliah S2 nya disana seperti yang selama ini dia inginkan. Sementara itu Genta fokus pada kariernya.
Zafran yang memang menaruh hati pada Dinda, adik Arial, masih terus berusaha untuk mendekatinya meski dia sedikit frustasi karena Dinda orangnya nggak peka. Arial sendiri yang selama ini takut kenalan dengan cewek pun memberanikan diri untuk berkenalan dengan salah satu cewek di Gym yang biasa dia kunjungi. Sedangkan Riani pun menjadi akrab dengan salah satu teman kantornya yang mungkin selama ini nggak begitu dekat. Sampai akhirnya tanggal 7 Agustus datang dan sesuai janjinya Genta pun memberitahukan rencananya pada yang lain lewat sms. Genta memberitahu untuk ketemu di stasiun pada tanggal 14 Agustus dan mengajak mereka berpergian kesuatu tempat selama 4 hari.
            Tanggal 14 Agustus pun datang, mereka bertemu distasiun dan saling melepas kangen satu sama lain. Kemudian mereka akhirnya memulai perjalanan mereka dan nggak cuma mereka berlima yang pergi, Dinda juga ikut. Mereka tidak tahu akan pergi kemana karena Genta masih nggak mau memberitahukan tujuan mereka, yang mereka tahu hanyalah kereta mereka menuju Malang. Begitu tiba di stasiun Malang, Genta menyewa Jeep dan membawa teman-temannya ke tujuan berikutnya. Ternyata Genta mengajak mereka mendaki gunung Semeru dan menuju puncak Mahameru, Puncak Tertinggi Jawa.
            Begitu tiba di Ranupani, maka dimulailah perjalanan mereka menuju Puncak Mahameru. Perjalanan melewati medan berat ke Ranukumbolo, “Surganya Gunung Semeru” kemudian berlanjut melewati jalur yang disebut “Tanjakan Cinta” dan menuju ke Kali Mati. Saat malam tiba mereka telah sampai di Arcopodo dan beristirahat disana. Dini harinya mereka melanjutkan perjalanan mereka ke puncak, ditengah perjalanan mereka menjumpai makam-makam pendaki yang meninggal saat mendaki. Banyak pendaki yang singgah sebentar, berziarah mengirim doa untuk teman-teman mereka yang meninggal dan dikubur disana.
            Saat pagi tiba mereka sudah semakin mendekati puncak Mahameru dan hari itu tepat pada tanggal 17 Agustus, bersama pendaki yang lain mereka mengibarkan bendera bersama. Dalam perjalanan pulang, saat di Ranukumbolo mereka menginap semalam disana.

“Semua berawal dari sini; impian, persahabatan, cinta, dan sebuah keajaiban tekad, yang telah menjadikan kita bukan hanya seonggok daging yang hanya punya nama…”

“…kita berlima percaya pada satu hal, sederhana tapi luar biasa, ada dalam setiap diri manusia bila ia meyakininya, sebuah impian…” 

“…setiap kamu punya mimpi, keinginan atau cita-cita kamu taruh disini, didepan kening kamu, jangan menempel biarkan dia menggantung, mengambang 5cm di depan kening kamu jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu dan kamu bawa impian kamu setiap hari, kamu lihat setiap hari dan percaya bahwa kamu bisa…”






Komentar

Postingan populer dari blog ini

#OnieSinggihJourney : Semarang

Married Life