Kerja di kantor vs Kerja di rumah?


     
     Mau kerja di kantor atau di rumah? Pertanyaan yang kerapkali menghampiri wanita khususnya yang sudah menikah, terlebih yang semasa lajangnya sudah memiliki pekerjaan di kantor. Mau melanjutkan berkarir atau resign dari kantor dan kerja di rumah. Kenapa saya menyebutnya kerja di rumah? Karena IRT pun di rumah bekerja walau banyak yang menganggap mereka (seolah) tidak bekerja.
Baik kerja di kantor ataupun di rumah sebenarnya semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua hal tersebut pun sudah pernah saya lakoni. Awal pernikahan saya masih melanjutkan bekerja di salah satu sekolah dasar negeri di dekat rumah Klaten biarpun saat itu saya tinggal di kos Jogja mengikuti suami. Hal itu saya lakoni selama sekitar 6 bulan lamanya. Selama 3 kali seminggu saya harus berangkat sebelum jam 6 pagi dan kembali sampai di kos jam 5 sore karena siangnya pun saya ada kuliah. Capek? Jelas. Quality time  dengan suami yang biasanya saya lakukan di sore sepulang suami kerja hingga malam hari menjadi berkurang karena saya sudah capek dan selalu tertidur setelah Isya.
Melihat kondisi saya yang selalu pulang kecapekan, suami beberapa kali menyarankan saya untuk resign  saja namun selalu saya tolak hingga di akhir semester saya memutuskan untuk resign. Semenjak itu saya hanya fokus mengurus pekerjaan rumah sambil berjualan online kecil-kecilan. Menyenangkan? Iya, menyenangkan. Saya bisa lebih fokus menyiapkan sarapan dan bekal suami setiap paginya tanpa harus terburu-buru seperti ketika saya masih bekerja. Quality time  dengan suami pun menjadi bertambah. Biarpun adakalanya bosan menghampiri karena tidak seperti dulu yang setiap hari bertemu banyak orang, kini yang setiap hari dijumpai hanya tetangga kos dan penjual sayuran. Tak sebanyak dan seberagam seperti waktu bekerja.
Begitulah sedikit gambaran kehidupan saya setelah menikah ketika memutuskan tetap menjadi wanita karir atau menjadi IRT, diluar sana pasti banyak yang memiliki kisah seperti itu dan bisa jadi mengalami dinamika kehidupan yang beragam dibandingkan saya, apalagi untuk yang sudah mempunyai anak.
Kerja di kantor atau di rumah, itu pilihan Anda masing-masing, tetapi jangan lupa diskusikan dengan suami ya.... :) :) :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#OnieSinggihJourney : Semarang

Married Life